Kamis, 10 Februari 2011

Tiga Kekuatan

Tiga kekuatan ini terdiri dari keputusan, pilihan, dan tanggung jawab. Tiga kekuatan ini adalah sumber keseimbangan dan berpikir positif dalam hidup. Jika salah satu tidak ada, seseorang akan mudah berpikir negatif.
Tiga kekuatan ini tidak dapat dipisahkan. Jika dipisahkan maka akan terjadi ketidakseimbangan dan akan mengundang rasa frustasi serta menjadi mangsa "tiga pembunuh". Dengan demikian, kita akan mencela, mengkritik, dan membanding-bandingkan. Konsentrasi dan pikiran kita menjadi negatif dan akan melahirkan perasaan dan kenyataan hidup yang negatif. Pada dasarnya, sebagian besar orang memilih pikiran, konsentrasi, dan perilakunya. Setiap keputusan yang diambil adalah hasil pilihannya. Persoalannya terletak pada keberanian bertanggung jawab. Bisa jadi seseorang menyadari dirinya sengsara, tapi tidak tahu bahwa kesengsaraannya merupakan hasil pikiran dan pilihannya sendiri hingga ia tidak merasa harus bertanggung jawab. Itu sebabnya ia akan terseret melakukan "tiga pembunuh". Ia akan mencela orang lain berdasarkan perasaannya, membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain, dan menyalahkan nasibnya.
Pengetahuan adalah kekuatan. Pengetahuan kita tentang apa yang terjadi di dalam diri akan membantu kita untuk melakukan perubahan dan kemajuan di jalan yang benar. Kita tidak akan menjadi mangsa perasaan negatif yang mengganggu kesehatan jiwa dan raga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar